Saturday, April 14, 2007

Fatamorgana – Mencoba mengerti arti sebuah simbol




Masih sangat segar dalam ingatan gw, sejak kecil guru2 kita selalu bilang bahwa lambang negara RI adalah Burung Garuda. Bulu lehernya 45 melambangkan tahun kemerdekaan, sedangkan sayapnya 17 melambangkan tanggal kemerdekaan RI, dan ekornya 8 melambangkan bulan kemerdekaan RI. Garuda lambang negara, simbol dari Republik Indonesia. Gambarnya dengan Pancasila tergambar didada dapat kita lihat dimana-mana. Di setiap kelas pasti ada gambar Garuda baik itu yang berupa cetakan kertas maupun yang berupa lempengan logam. Tak lupa diapit gambar presiden dan wakil presiden kita.

Sebuah lambang Negara…. Simbol Negara… orang memasang simbol ini untuk apa ya….? Untuk menunjukan pada orang lain bahwa mereka mencintai negaranya kah…? Atau hanya sekedar mengikuti permintaan Depdiknas seperti yang tertuang di surat edaran Negara?

Hm… sesuatu yang layak untuk dipikirkan.. apakah arti sebuah simbol bagi setiap orang? Masih berbicara mengenai simbol-simbol disekitar kita. Sunshine mengamati beberapa teman di kantor yang tidak pernah lupa menggunakan cincin di jari manisnya. Simbol bahwa dia sudah menikah dan ada ada yang punya alias tidak boleh di’ganggu’ lagi :D Tapi ada juga yang tidak mengenakan cincin kawinnya, padahal mereka sudah menikah puluhan tahun… Iseng sunshine bertanya kapda teman sunshine kenapa sih nggak pake cincin kawinnya, secara belinya aja mahal…?

Menurut dia… cincin itu hanya sebuah simbol, dan simbol itu benda mati tidak berjiwa maka.... tidak akan punya arti jika yang bersangkutan tidak mengerti apa arti dari simbol itu. Memaknai penggunaan cincin itu sendiri… Banyak orang yang kemana-mana pakai cincin kawin tapi kelakuan tetap seperti bujangan* lirik kanan… lirik kiri… selingkuh kanan… selingkuh kiri… Lalu buat apa pakai cincin… Menurut temanku lebih baik nggak pake cincin kawin tapi lo sadar 100% bahwa lo sudah nikah dan artinya lo dibatasi oleh moral pernikahan.. Sometimes.. what we see only “fatamorgana” jadi jangan terkecoh dengan simbol2 disekitar kita. Akan lebih valuable kalo kita memahami arti simbol itu dalam diri kita sendiri... men-value-kannya dan menghormati arti simbol itu di dalam hati.....



* sebenarnya kata temen gw bukan seperti bujangan, tapi seperti buaya darat. Dan gw nggak setuju banget soalnya yang gw tahu buaya adalah binatang yang paling setia dengan pasangannya

0 Comments:

Post a Comment

<< Home