Sunday, June 10, 2007

Me, Aretha, and Breast Feeding

Sejak sebelum melahirkan, sunshine sudah bertekad untuk menyusui (breast feeding) Aretha yang kalo memungkinkan insya’alloh sampai 6 bulan. Breast Feeding sangat dianjurkan karena mengandung banyak zat - zat yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan super duper bergizi. Sunshine masih ingat pada masa pemerintahan pak Harto, menteri kesehatan sangat gencar melakukan kampanye menyusui, ASI. Selain itu dengan memberikan ASI berarti kami akan menunda pengeluaran membeli susu formula sampai bulan ke 7 :D – pemikiran yang sempurna oleh papanya Aretha, secara papanya pegawai negeri sejati, GUBRAK !@#$%^&*!!!

Sunshine berpikir, menyusui itu ‘mudah’ hehehe sebuah pemikiran yang mungkin sedikit naïf buat bayi pertama. Dirumah sakit sunshine mendapatkan training cara menyusui yang baik n benar. Pesan suster2 waktu itu: “posisi menentukan prestasi” dan “sebisa mungkin diberi ASI dulu baru ditambah susu formula”. Dua kata kunci yang sunshine dan Aretha coba jalani disetiap kali kami ‘do the routine’ hehehe

Nah ini sekelumit 'unspoken conversation' mama n aretha :

Aretha : ”Mama… Aretha lapel… mimi dong”

Mama : “OK babe… time for breast feeding”

Aretha : “Hiks.. hiks.. ma cape ni kalo pocicinya kaya gini”

Mama : “Ayo dong sayang, kenapa kok dilepasin lagi nipple nya?”

Aretha : “Ma… masih nggak pas ni pocici nya, Aretha nggak nyaman, cucunya keluar2, trus kepala Aretha pucing ma.. pegel…”

Mama : “Gusti kok susah ya… nak ayo dong pengennya gimana? Jangan nangis aja”

Aretha : “Mama.. aduh gimana sih kok malah bikin Aretha bingung”

Mama : “Hiks.. hiks.. mama bingung ni sayang kamu nggak mau minum dari tete’ mama, posisinya nggak pas terus ya nak… aduh maafin mama ya”

Aretha : “Ma… udah dong, pake dot aja… hiks..hiks..”

Mama : “Ya sudah ya nak…nanti kita coba lagi, sekarang pake dot aja ya nak”

Aretha : “Makaci ma… aku cayang ma mama…”

Ternyata saat-saat menyusui yang sunshine alami tidak semudah yang dibayangkan. Ada saatnya Aretha sangat menikmati menyusu pada sunshine, but most of the time the moment feel like battle for her and me L fyiuh… Ada aja yang bikin Aretha nggak comfortable sama breast feeding moment. Kadang Aretha bisa menjerit2 histeris karena hidungnya penuh upil2 nakal yang pastinya bikin susah napas en alhasil susah mengenyot. Suatu saat sunshine menemukan bahwa Aretha histeris saat breast feeding karena ‘panggilan alam aka pengen BAB’ atau ‘air susu nya keluarnya dikit2, nggak kayak kalo pake botol yang jalan tol banget’. Dan most of the time, Aretha dan sunshine tidak berhasil menemukan posisi menyusui yang comfortable bagi kedua-belah pihak. Yang jelas… biar harus struggle kami tidak akan menyerah!!! Hidup ASI !!

Theme song kami - Aretha n me - lagunya Letto – Sampai Nanti, Sampai Mati:

Tetap semangat, dan teguhkan hati, sampai nanti, sampai mati,

Tetap melangkah, dan keraskan hati, sampai nanti, sampai mati

Beberapa tips agar breast feeding berhasil menurut bisikan kanan-kiri:

  1. Posisi menentukan prestasi. Posisi mama n baby nya harus sama2 nyaman. Kalo posisi ‘adek’nya wuenak leker tapi posisi mamanya bikin pegel... Si ‘adek’bisa tahan nyusu lama, tapi mamanya habis itu bakal butuh dipejetin papa hehehe :D

  1. Kalo ‘adeknya’ ditompang sama susu formula, usahakan nyusu ASI dulu kalo kurang baru ditambah susu botol. Kalo nggak, si ‘adek’ suka ogah nyusu ASI, soalnya sudah terlanjur enak pake botol L

  1. Bebaskan si ‘adek’ dari upil2 jahil di hidung. Kalo hidungnya penuh upil2 jahil, ‘adek’ akan lebih susah bernapas dan cenderung napas pake mulut. Kalo napas pake mulut plus nyusu... kebayang kan ribetnya :D

  1. Mamanya minum air putih minimal 2 liter sehari, plus cukup asupan gizi. Susu untuk ibu menyusui ngebantu banget buat para mama yang terkena penyakit ‘susah makan’.

  1. Ada beberapa sayuran yang dapat memperbanyak produksi air susu seperti daun katuk, bayam, dan jamu uyup2.

  1. Pikiran si mama harus tenang. Usahakan pikiran si mama harus dibuat tenang dan bahagia. Tidak bisa dipungkiri, ada ikatan bathin antara ibu dan anak yang mungkin tidak dimengerti oleh para ‘papa’. Kalo mamanya stress otomatis produksi susunya akan terganggu dan akibatnya si ‘adek’ nggak bakal nyaman nyusunya.

Pokoknya ‘happy breast feeding’ aja deh buat semua mama yang sedang breast feeding.

1 Comments:

Blogger Rudyland said...

kayaknya mirip deh sama mamanya Marsya, cuma sayangnya ga ada daun katuk disini, yang ada mah kathok..manjur ga ya??

4:18 AM  

Post a Comment

<< Home