Tuesday, August 02, 2005

Kebenaran, Apakah Itu?

Relativitas Sebuah Kebenaran


Kebenaran adalah sebuah kata yang tiba2 menyeruak di relung perasaanku yang boleh diibaratkan seperti gado-gado saat ini. Campuran antara kecewa, bingung, sedih, dan bahagia wuiiih... begitu susahnya kah menerima kenyataan bahwa benarku tidak sama dengan benar society disekitarku. Niwe, sunshine sedang belajar disekolah maha dasyat, "sekolah kehidupan", mencoba untuk menjawab setiap misteri Illahi dirumah kehidupan ini.

Sebuah diskusi yang menarik dengan beberapa rekanku "Apakah ada kebenaran yang mutlak di dunia ini?" Jawabannya "tidak"! Kebenaran dapat diumpamakan sebagai teori relativitas yang sempurna. Kebenaran (kecuali kebenaran dari Allah SWT - unquestionable) sangatlah subjektif. Benar atau tidak benar, acceptable or not acceptable, sangat tergantung dari siapa yang melihat dan siapa yang melakukan.

Rasanya sakit sekali ketika kebenaran datang dengan tiba2 bahwa what-i-believe-as-who-i-am ternyata membuat orang lain "sakit hati". Dan ternyata ekspektasi kita untuk diterima sebagai diri kita adalah terlalu tinggi. Well once again I'm falling from the high and believe this is to make me learn something. Kemudian muncul pertanyaan salahku atau salah mereka? Siapa yang benar dan siapa yang salah? Salahkan aku mengatakan apa yang ku anggap benar...?

Sekali lagi sunshine belajar "benar dan salah adalah relative bagi setiap orang", sangat penting bagi kita untuk menerima kenyataan itu dan menghargai perbedaan itu. "Behave" menjadi kata kunci dari pembelajaranku kali ini. Menjadi diri sendiri dan mengutarakan pendapat kita dengan cara yang dapat diterima oleh "kebenaran-kebenaran" yang lain. Dan itu berarti berbicara dengan cara yang lebih dewasa dan lebih sopan. Tidak gampang...... Oh iya ini tidak berarti aku harus berubah menjadi apa yang mereka mau lho... Tapi kadang kebenaran harus mengikuti kemana sang surya berlabuh bukan?

Ya Allah, Tuhan yang menguasai jiwaku... Tolong bimbing hambaMu untuk selalu berada dalam kebenaranMu, kebenaran yang hakiki.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

komen duluan niy.. bu, baca musahabah AA. Gym yg kmaren diemail itu ga? pas kan isinya buat tulisan Rini ini.. bnyak bersyukur dan bersabar kan?

7:42 AM  
Blogger ISTRI LUCU said...

thank ya byebeh...
mata kuliah kali ini di "sekolah kehidupan" adalah "bersosialisasi".
belajar apa itu benar dan salah dari setiap sisi mata angin.
wiuh... suseh bouw!!!

7:19 PM  

Post a Comment

<< Home