Wednesday, June 08, 2005

2 Biksu & Masa Lalu

Kisah Dua Biksu dan Masa Lalu
May the past be a good teacher of life, make me stronger and wiser.

Kado dihari jadiku (terimakasih sang bunda), cerita 2 biksu dan masa lalu, semoga gw bisa mengambil pelajaran dari cerita ini:

Ada dua orang biksu: biksu muda dan biksu setengah baya, mereka berdua sedang melakukan perjalanan ke suatu desa. Ditengah jalan, beliau berdua harus menyebrangi sungai yang tidak mempunyai jembatan. Dipinggir sungai mereka bertemu dengan seorang nenek tua yang ingin menyebrang sungai juga. Karena nenek tersebut tidak mampu menyeberang sendiri, nenek meminta tolong kepada kedua biksu tersebut. Biksu tua menggendong sang nenek sampai diseberang sungai, dan melanjutkan perjalanannya.
Sepanjang sisa perjalanan sang biksu muda, ngomel panjang lebar "Kok Anda mau2nya menjamah nenek tersebut, biksuk tidak diperbolehkan menyentuh wanita", "Anda ini sungguh aneh dan lupa bahwa kita tidak diperkenankan berhubungan dengan wanita." Dan masih banyak lagi omelan sang biksu muda ke biksu setengah baya. Sampai pada suatu masa sang biksu setengah baya, berhenti berjalan dan berkata pada biksu muda.

"ANDA YANG ANEH"
"SAYA SUDAH MENINGGALKAN WANITA TADI SEJAK DIPINGGIR SUNGAI"
"NAMUN ANDA MASIH MEMBAWANYA DARI PINGGIR SUNGAI SAMPAI DISINI, DIDALAM PIKIRAN ANDA"
(Oops… bener juga yah qe...qe...qe...)

Jika diceritakan kembali dengan bahasa Rinie: maafkan masa lalu kita dan berdamai dengannya. Jika kita terus membawa masa lalu kita kedepan, maka kita tidak akan dapat melihat masa depan kita dengan ‘jernih’. Kita akan berkutat dalam penyesalan dan kekecewaan tanpa belajar dari masa lalu kita. Masalalu, kesalahan, dan kegagalan gw adalah guru terbaik untuk menjadi ‘kuat’ dan ‘bijaksana’. So... make peace with your mistakes, your past and let it goes. The disappointment you got is your highway to arrive to the best things you deserve to get.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Do'a memberikan kekuatan pada orang yang lemah
Membuat orang tidak percaya menjadi percaya
dan Memberikan keberanian pada orang yang ketakutan

Shine your days Rinie..

5:50 AM  
Blogger ISTRI LUCU said...

indah: thanks. aku juga percaya doa itu obat paling mujarab selama doa ditujukan untuk kebaikan yah...

7:40 PM  

Post a Comment

<< Home