Tuesday, September 13, 2005

Leader

Leadership - in born skill or learned skill?

Pernah nggak waktu kecil kalian punya temen yang dominan banget dalam setiap permainan. Inget banget deh waktu TK ada seorang teman yang initiating hari ini kami akan main apa... aturan mainnya apa... siapa saja yang boleh ikut... dan semua tetek bengeknya. Amazing banget kalo ingat sang bocah dapat meng-influence temen2nya untuk melakukan apa yang dia mau. Jaman bejubut getu loh... mana kenal istilah leadership yang ada istilah2 per-ps-an hehe

Boleh dikatakan bocah2 itu adalah 'natural born leader' seseorang yang secara natural mampu meng-influence orang lain untuk melakukan sesuatu. Jika bocah tersebut mampu mengembangkan kemampuannya, dapat diprediksi sang bocah di SMP/SMU/Universitar-pun akhirnya jadi ketua OSIS atau ketua PMR atau ketua2 organisasi lainnya.

Apakah kita harus memenuhi spesifikasi 'natural born leader' untuk menjadi learder? Well... I don't think so! Karena leadership itu ternyata bisa dipelajari dan dibentuk. Makanya sekarang ini banyak consulting firm yang 'jualan' cara2 membentuk kemampuan kepemimpinan para eksekutif2 di perusahaan2 baik lokal maupun multinational. Dan believe it or not organisasi yang nggak pelit investing di 'people' ternyata share pricenya meningkat banyak lho... Dan success atau tidaknya sebuah organisation katanya bisa dilihat dari type of leadership applied within the organisation lho...

Sebenarnya leader itu siapa sih....?


Menurut sunshine batman, sby, nehru, soekarno, hilter, n even carrie bradshaw adalah leader lho. Tapi yang pasti leader yang paling kharismatic and success across the history adalah Rasulullah SAW - Nabi Muhammad SAW. Leader yang merubah umatnya dari kaum yang 'sesat' menjadi kaum yang insya'allah 'beriman'.

Leader is someone who affecting others more then affected by others....
Leader is someone who influence people and change their mindset in order to achive the end goals....

Suami juga leader lho... jadi para pria2 sudah waktunya invest untuk beli buku mengenai effective leadership for dummies hehe. Karene suami harus bisa mengarahkan istri dan anak2nya kearah yang lebih baik dari present kan... ;) Oh ya... ibu juga leader lho buat anak-anaknya.

Nah terakhir tips2 menjadi leader yang baik:
1. Yakinkan diri untuk menjadi leader.
2. Carilah role model and belajar dari role model tersebut.
3. Tidak ada satu jenis leadership yang bisa diapply di semua situasi, jadi kenali situasi disekitar dan pilih type yang paling sesuai.
4. Future oriented
5. Blend or balance of task and people oriented.

Well yang jelas sebelum bisa menjadi pemimpin yang baik untuk orang lain, kita harus bisa memimpin DIRI SENDIRI lho... ;) Nah seblum bisa memimpin diri sendiri ada baiknya kita mengenal diri sendiri dan bikin roadmap kita ingin menjadi pemimpin seperti apa untuk diri kita sendiri.

Ps. For sahabatku di jogja who just accept me as who I am..... terimakasih sudah dengan ikhlas 'mendinginkan' keresahan hatiku. You are a great leader I believe since you influence me to be more 'ikhlas' and 'loving the almighty'.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Well,
Leader asal kata dari Lead+er ya?,Lead bs jadi artinya terdepan,bisa juga cahaya ya?

Pemimpin, asal kata dari pimpin dapat awaln Pe-, p-nya mengalami peluluhan jadi m. Artinya orang yang me.

Yg plg hakiki itu sdh pasti tiap orang bakal jadi pemimpin buat dirinyah sendiri ya? perkara dia jadi leaders untuk yg lain mungkin tidak begitu penting,krn itu tergantung ambisi,motivasi masing2 individu..karena ga mungkin kan di dunia ini smua orang jadi leaders..sehebat apapun org pasti akn ada yg jadi pengikut/pengekor..dan itu jgn dijadiin masalah,slama leadernya oke..bs jadi di bawahnya jg ok..

Statistik organisasi menurut pelajaran geografi yg dipelajarai wkt jaman sma (hihi), selalu berbentuk piramid..mengkerucut dan leaders slalu paling atas!! beda halnya untuk statistik penduduk..kecuali di negara berkembang aza yg piramidanya berkerucut..bner ga sih?hihi..

Itu ajah komennya.niwe,thanks ya!
wslm.

1:56 AM  
Anonymous Anonymous said...

semua pemimpin inborn, dan semua manusia adalah pemimpin, khalifah di muka bumi.
semakin besar tanggung jawab kepemimpinannya, semakin besar juga Tuhan memberinya bakat dan menganugerahinya kemampuan.
so, jadi pemimpin ? siapa takut... ha ha ha...

2:23 AM  

Post a Comment

<< Home