Tuesday, October 11, 2005

Aishitemasu

Aishitemasu: Cinta

"Katakanlah jika kamu sekalian mencintai Allah maka ikutilah Aku, niscaya Allah akan mencintaimu" (QS 3 : 31)

Cinta dan pernikahan... dua topik yang selalu saja digemari oleh mailing list leisure (baca: 'killing time' mailing list) sunshine. Sekumpulan jomblo di seperempat atu lebih umurnya yang membahas topik2 tertentu atau sekedar membunuh bosan di ‘udara’. Entah chemistry yang nyambung atau memang kami sekumpulan ‘magabuters’.. he2 tapi sungguh stress release berjam2 ‘nge-junk mail’ dengan topik cinta (missal: si A pe-de-ka-te dengan si X, etc) hehehe…… Jadi tertarik untuk mengupas sedikit tentang ‘cinta’ aka ‘aini’ aka ‘tresno’ aka ‘aishitemasu’ aka ‘love’.

Pernahkan kita tahu bahwa seekor unta yang mabuk cinta kuat untuk tidak makan selama 40 hari berturut-turut dan tetap berjalan membawa beban yang berat dipunggungnya.. Subhanallah! Itulah kekuatan cinta dan keinginan untuk bertemu dengan yang dicinta dapat menumbuhkan kekuatan yang maha besar pada diri sang pecinta. Tidak ada cinta tanpa mabuk cinta!

Ketika zulaikha dimabuk cinta kepada Yusuf s.a. semua energi, keinginan, dan kepunyaannya dia tujukan hanya pada Yusuf. Zulaikha rela melepaskan hartanya dan kecantikannya demi Yusuf s.a. Kecintaannya pada Yusuf membutakan hatinya, semua benda dia berinama yusuf, setiap orang yang berkata melihat yusuf akan dianugerahi hartanya, bahkan ketika mengadah kelangit dilihatnya ukiran nama yusuf. Namun ketika yusuf menikahinya, zulaikha menemukan cinta yang lainnya, cinta kepada Sang Khalik. Maka sejak saat itu cintanya pada Yusuf telah sirna dan digantikan dengan cinta padaNya.

Apa itu cinta? Tanda2 cinta adalah searah dengan yang dicintainya dan meninggalkan yang berbeda dengannya. Tingkatan kebenaran cinta (mahabbah) itu ada tiga: ‘memilih perkataan kekasihnya dari pada perkataan orang lain’, ‘memilih majelisnya dibandingkan majelis orang lain’, dan ‘memilih ridhoNya dibandingkan orang lain’.

Sudah selayaknya cinta yang hakiki hanya kita tujukan kepada Sang Khaliq, Sang Pencipta Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Dan tanda2 mukmin yang cinta kepada Nya adalah menjauhi semua yang haram dan dilarang Nya dan melaksanakan semua yang diperintahkanNya. Dibulan ramadhan ini, semoga kita semua bisa menggunakan waktu yang ada sebaik2nya untuk mengejar ‘cinta’ Nya. Seseorang pernah berkata pada sunshine: "Kejarlah akhirat dan dunia akan mengikutimu……."

Aishitemasu = cinta dalam bahasa Jepang
Aini = cinta dalam bahasa Chinesse
Tresno = cinta dalam bahasa Jawa

'sayonara my jifun... tomoko is wishing to see you in the next episode of hers. Keep ikhlas!'

3 Comments:

Blogger cikubembem said...

nice writing :)
cinta buta itu sbenernya cinta bukan ya?

4:30 AM  
Blogger ISTRI LUCU said...

Thanks ya Andian dah mampir..
Btw foto2 walimahan nya kueren2 lho ;)

Love is blind... Hm.. buta n mabuk lebih parah yang mana ya..?

Kalo orang mabuk kata Rumi suatu saat akan terbangun pada sisi rasionalitasnya dan tersadarkan

Nah kalo orang buta tidak bisa membedakan siang dan malam... jadi.. selamanya hidup dalam kegelapan...

ada pepatah: nafsu itu seperti bayi, bayi kecanduan dengan susu butuh disapih lama untuk lepas dari susu, maka jangan mendekat pada nafsu karena susah meleapskan diri...

hehehe.. sekarang bener2 nggak nyambung deh! ;p

3:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

osho, one of my master said :
kita dapat mendekat ke langit dengan tiga jalan yaitu :
1. lewat otak: intelegensia
2. lewat jiwa: keindahan
3. lewat tindakan: kebaikan

2:02 AM  

Post a Comment

<< Home